Penyebab Dan Gejala Monopause

Penyebab Dan Gejala MonopauseMenopause adalah kondisi alami yang akan dialami oleh semua wanita seiring dengan bertambahnya usia, bukan penyakit atau gangguan kesehatan. Menopause adalah masa menstruasi kurang dari 12 bulan.



Dengan kata lain, menopause adalah periode waktu sebelum menghentikan menstruasi sampai sesaat setelah akhir periode menstruasi. Tapi di masa menopause umumnya akhir menstruasi bisa dipertimbangkan pada wanita.

baca juga: Walatra sehat mata softgel

Menopause adalah istilah yang kadangkala digunakan dan berarti "waktu sekitar menopause". Hal ini sering digunakan untuk merujuk pada masa transisi menopause. Ini bukan istilah medis formal, tapi kadang kala digunakan untuk menggambarkan beberapa aspek menopause dalam terminologi rata-rata orang. Baca lebih lanjut, baca: Periode sekitar menopause.

baca juga: manfaat walatra sehat mata softgel

Postmenopause adalah istilah yang digunakan sebagai resep untuk waktu setelah menopause. Misalnya, dokter mungkin membicarakan kondisi yang terjadi pada "wanita pascamenopause". Ini mengacu pada wanita yang telah mencapai masa menopause.

Apa yang terjadi saat menopause?

Menopause adalah waktu dalam kehidupan seorang wanita saat fungsi ovarium berhenti. Ovarium (gonad atau ovarium), adalah satu dari sepasang gonad pada wanita. Ovarium terletak di panggul, di setiap sisi rahim. Ovarium menghasilkan telur (oocytes) dan hormon wanita seperti estrogen dan progesteron. Setiap siklus haid, telur dilepaskan dari satu indung telur. Telur kemudian berpindah dari ovarium ke rahim melalui saluran tuba.

baca juga: walatra sehat mata

Menopause terjadi saat ovarium tidak lagi melepaskan telur setiap bulan dan menstruasi berhenti.
Ovarium adalah sumber utama hormon wanita, yang mengendalikan perkembangan karakteristik tubuh wanita seperti payudara, bentuk tubuh, dan rambut.

Hormon ini juga mengatur haid dan kehamilan.
Estrogen juga berfungsi untuk melindungi tulang. Karena itu, seorang wanita mungkin mengalami osteoporosis (keropos tulang) di kemudian hari saat ovarium tidak lagi menghasilkan estrogen yang cukup.

Pada usia berapa wanita menderita menopause?

Usia rata-rata menopause adalah 51 tahun. Namun, tidak ada cara untuk memprediksi kapan wanita akan memasuki masa menopause atau mulai mengalami gejala menopause sugestif. Usia dimana seorang wanita mulai mengalami menstruasi juga tidak berhubungan dengan usia menopause.

Baca juga: 6 rahasia agar anda awet muda

Kebanyakan wanita mencapai masa menopause antara usia 45 dan 55, namun menopause dapat terjadi pada usia 30 atau 40an atau mungkin tidak terjadi sampai wanita mencapai usia 60an.
Menopause adalah perubahan alami pada setiap wanita. Tetapi beberapa wanita mungkin mengalami menopause dini, sebagai akibat dari kemoterapi. khasiat qnc jelly gamat

Menopause terjadi sebelum usia 40, terlepas dari penyebabnya, dan disebut menopause dini (early menopause).

Gejala dan tanda menopause

Gejala dan tanda menopause pada wanita. Kredit gambar: ladecarehealth.com
Sebagian besar wanita pramenopause akan mengalami sesuatu yang disebut "hot flashes", perasaan hangat tiba-tiba yang menyebar ke tubuh bagian atas dan sering disertai kemerahan pada kulit dan berkeringat.

Perasaan ini bisa berlangsung selama 30 detik selama beberapa menit. Kekuatan akan bervariasi dari orang ke orang, dari yang ringan sampai yang berat.
Gejala dan indikator umum lainnya yang dihadapi wanita sebelum atau selama menopause meliputi:
  • Periode haid tidak teratur
  • insomnia
  • Perubahan mood atau mood berubah
  • Jantung berdetak cepat dan cepat
  • kelelahan
  • sifat lekas marah
  • depresi
  • Sakit kepala, migrain
  • Nyeri pada otot dan persendian
  • Meningkatkan frekuensi urin dan masalah pengendalian kandung kemih
  • Lebedo menolak
Vagina kering dan kurang luwes, karena penipisan vagina, jaringan vagina dan serviks
Masih banyak gejala lainnya karena menopause mempengaruhi banyak aspek tubuh, seperti fisik, psikologis, dan hormonal, hingga seksualitas. Tapi tidak semua wanita akan mengalami semua gejala dan indikator di atas.

Pelajari lebih lanjut tentang kondisi menopause pada artikel berikut: Kemampuan menopause yang harus Anda ketahui. https://anmemor.blogspot.co.id/

Lihat sumber yang asli di: webkesehatan.com/menopause-wanita-penyebab-gejala/
Previous
Next Post »